Makalah Teripang Sebagai Biota Laut Bermanfaat

adsense 336x280 Makalah teripang - Untuk meningkatkan pendayagunaan sumberdaya hayati laut maka penggalian sumber baru terlalu wajib dilakukan, tidak cuman apa yang udah dikenal didalam bisnis perikanan waktu ini. Usaha selanjutnya dapat meningkatkan penyediaan pangan protein), termasuk untuk menopang meningkatkan penghasilan nelayan dan selanjutnya terhadap gilirannya diharapkan meningkatkan penghasilan negara. Usaha “perikanan” teripang atau disebut “beche-de-mer”, lebih-lebih berkembang di negara – negara Indo-Pasifik termasuk Indonesia (Eddy, 2004).

Teripang atau timun laut termasuk kedalam kelas Holothuroidea merupakan tidak benar satu product perikanan yang udah lama dikenal dan dikonsumsi oleh penduduk pesisir Indonesia, dan termasuk terlalu dikenal di Negara Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat. Selain miliki nilai ekonomis, persentase nutrisinya termasuk lumayan tinggi. Kandungan protein 43,1%, lemak 2,2%, persentase air 27,1%, persentase abu 27,6%, dan kalsium, natrium, fosfor dan juga mineral lainnya 1,2 – 16,5%. Dipasaran internasional teripang dikenal dengan nama teat fish, sebab persentase nutrisinya yang tinggi dan sehat untuk dikonsumsi membawa dampak permintaan dunia dapat komuditi ini tetap meningkat dari tahun ketahun (Rustam, 2006).

Makalah Teripang Sebagai Biota Laut Bermanfaat

Macam dan persentase persentase gizi dari teripang pasir,  belum  ada  data  pustaka  yang  menyatakan  secara  utuh  dan  rinci.  Namun, berdasarkan  hasil  penelitian  terhadap  sebagian  spesies  teripang  yang  lain,  senyawa yang terdapat didalam teripang adalah lektin, sterol, saponin/triperten glikosid  (echinosid, holothurin A, holothurin  B, holotoxin A dan lain sebagainya. Dengan  persentase  gizi  yang  dimilikinya,  teripang  (filum  Echinodermata) udah  dibuktikan  oleh  penelitian  moderen  mampu   membuat sembuh  luka,  digunakan sebagai antikoagulan dan antitrombotik, menurunkan persentase kolesterol dan  lemak darah, antikanker dan antitumor, antibakteri, imunostimulan, antijamur, antivirus, antimalaria dan antirematik. Secara tradisional, penduduk cina mengfungsikan teripang sebagai obat. Bentuk sediaan yang digunakan adalah bentuk bubuk teripang dengan dosis 3 gram per kali pemberian dan diberikan 2-3 kali perhari atau setara dengan 6-9 gram per hari.

Beberapa senyawa udah dibuktikan melalui penelitian ilmiah mampu menjagafungsi  hati,  baik  sebagai  hepatoprotektor  ataupun  sebagai  obat  kalau  rusaknya selanjutnya  udah  terjadi.  Contoh  senyawa  selanjutnya  adalah  karotenoid,  vitamin  A,  C dan  E,  senyawa  polifenol  dan  flavonoid  kondroitin sulfat, EPA dan DHA yang  berbentuk  antioksidan  sehingga  mampu  meredam  radikal  bebas  dan  mampu menghindar  terjadinya  rusaknya  hati  oleh  radikal  bebas.

Selain  mempunyai  efek antioksidan, EPA dan DHA dan juga kondroitin sulfat termasuk  mampu  kurangi  reaksi  inflamasi  (nekroinflamasi)  sehingga menghindar  rusaknya  sel  yang  lebih  parah.  Senyawa-senyawa  ini  terdapat alam  teripang  dan  dikira  termasuk  terdapat  didalam  teripang  pasir  (Holothuria scabra),  sehingga  diduga,  teripang  pasir  (Holothuria  scabra)  mampu  menghindar rusaknya hati akibat radikal bebas, termasuk didalam perihal ini adalah radikal bebas hasil metabolisme karbon tetraklorida (CCl4).

Dengan lihat beragam faedah yang terkakndung didalam teripang pasir dan prospek pasar yang terbuka lebar, maka terlalu penting bagi kami sebagai akademisi didalam budidaya perairan untuk melaksanakan pembudidayaan teripang pasir, baik didalam bentuk pembesaran ataupun pembenihan.


BAB II
TINJAUN PUSTAKA
2.1 Klasifikasi Teripang pasir
Klasifikasi dari Teripang pasir (Martoyo et al, 2000) adalah sebagai berikut:
Kingdom              : Animalia
Filum                     : Echinodermata
Sub-filum              : Echinozoa
Kelas                      : Holothuroidea
Sub-kelas              : Aspidochirotacea
Ordo                      : Asp  idochirotida
Famili                     : Holothuriidae
Genus                    : Holothuria
Spesies                   : Holothuria scabra

Teripang merupakan tidak benar satu anggota hewan berkulit berduri (Echinodermata). Duri teripang merupakan butir-butir kapur mikroskopis yang terbenam dalam jaringan dinding tubuh (Hyman 1955; Lawrence 1987). Bentuk tubuh teripang adalah bulat panjang (elongated cylindrical)di sepanjang sumbu oral-aboral, yaitu sumbu yang menghubungkan anggota anterior dan posteriol (Wilmoth 1967). Mulut dan anus teripang terdapat pada ujung poros yang berlawanan, yaitu anus berada pada anggota anterior dan anus berada pada anggota posterior. Mulut dikelilingi oleh tentakel-tentakel yang dapat dijulurkan dan ditarik kembali bersama dengan cepat. Tentakel-tentakel ini merupakan modifikasi dari kaki tabung yang berguna untuk menangkap makanan (Storeret al1979, Lawrence 1987).

Teripang umumnya miliki tubuh lunak dan licin. Permukaan tubuh tidak bersilia dan diselimuti oleh susunan kapur yang tidak tipis tipisnya tergantung umur. Disepanjang mulut ke anus terkandung lima deretan kaki tabung, terdiri dari tiga deretan kaki tabung bersama dengan pengisap pada anggota perut (trivium) yang berperan dalam respirasi (Lawrence 1987). Di bawah susunan kulit terkandung satu lapis otot melingkar dan lima lapisotot memanjang. Sesudah susunan otot terkandung rongga tubuh yang berisi organ-organ tubuh layaknya gonad dan usus (Storeret al 1979).

adsense 336x280

0 Response to "Makalah Teripang Sebagai Biota Laut Bermanfaat"

Posting Komentar