10 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan dan Kecantikan

adsense 336x280
Banyak diantara kita yang belum mengetahui manfaat daun pandan selain ntuk pewangi dan pewarna alami. Ternyata daun pandan dapat digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai macam penyakit, antara lain :

#Kandungan Senyawa Daun Pandan
  • Mengandung saponin
  • Mengandung flavonoida
  • Mengandung polifenol
  • Mengandung tanin
  • Mengandung zat warna
  • Mengandung alkaloid

Inilah 10 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengobati Rematik

Rematik sering kali  menyerang manusia pada usia lanjut. Daripada menggunakan obat kimia, lebih baik menggunakan daun pandan yang herbal dan bebas efek samping. Pandan dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit ini. Caranya dengan mengoleskan campuran pandan dan minyak kelapa pada bagian yang sakit.

2. Mengobati Pegal Linu

Pegal linu saat beraktifitas tentu sangat mengganggu. Untuk mengatasinya bisa digunakan campuran pandan yang ditumbuk dengan minyak kayu putih dan minyak gandapura kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terasa pegal.

3. Mengobati Lemah Saraf

Lemah syaraf dapat diobati dengan meminum air hasil rebusan dari daun pandan secara rutin. Dengan meminum satu gelas di pagi dan sore hari maka saraf akan normal kembali.

4. Mengatasi Gelisah

Gelisah yang berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan seseorang. Jika mengalami gelisah yang berlebihan maka Anda dapat mengatasinya dengan menyeduh daun pandan dan meminumnya secara rutin dua atau tiga kali sehari.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi merupakan penyakit yang berbahaya yang dapat mengakibatkan penyakit stroke. Bagi penderita tekanan darah tinggi, pandan dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah sehingga dapat normal kembali. Caranya dengan meminum air rebusan pandan secara rutin.

6. Menambah Nafsu Makan

Selain temu lawak, ternyata pandan juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan seseorang. Hilangnya nafsu makan akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh. Sehingga harus segera diatasi salah satunya dengan daun pandan. Anda hanya cukup merebus daun pandan kemudian meminumnya secara teratur.

7. Mengatasi Lemah Syahwat

Selain mengatasi lemah saraf, daun pandan juga dapat mengatasi masalah lemah syahwat pada pria. Cukup dengan minum air rebusan pandan dua kali sehari maka masalah tersebut akan teratasi.

Selain sebagai obat berbagai macam penyakit, pandan juga digunakan dalam bidang kecantikan. Khususnya untuk menjaga kesehatan rambut. Berikut ini beberapa manfaat pandan bagi rambut.

8. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok dapat disebabkan oleh berkurangnya nutrisi pada rambut. Jika terus menerus rontok maka akan terjadi kebotakan. Untuk mengatasinya cukup gunakan masker rambut yang terbuat dari camburan bunga mawar, bunga melati, dan daun pandan.

9. Menghitamkan Rambut

Rambut yang hitam dan sehat tentu menjadi keinginan setiap wanita. Untuk mendapatkan rambut yang indah tentu saja harus melakukan perawatan. Perawatan juga tidak harus mahal. Kita bisa gunakan bahan-bahan yang ada di sekitar saja, misalnya daun pandan. Gunakan air rebusan pandan yang telah dicampur dengan perasan mengkudu untuk keramas.

10. Menghilangkan Ketombe

Ketombe tentu sangat mengganggu karena menyebabkan rambut terasa gatal.ada berbagai cara untuk mengatasi masalah ketombe, salah satunya dengan daun pandan. Dengan air perasan pandan, ketombe akan hilang dengan sendirinya.

#Fakta Unik Daun Pandan

Uniknya aroma dari pohon suji tidak berasal dari daunnya melainkan dari bunganya. Aroma bunga dari pohon daun suji memiliki wangi yang sangat khas dan umumnya semerbak pada sore hari. Bunganya sendiri biasanya berwarna putih sedikit kekuningan, tapi terkadang juga ada beberapa bunga suji ini yang memiliki semburat warna ungu.

Demikian manfaat daun pandang yang bermanfaat baik bagi tubuh, silahkan mencoba dirumah dan semoga bermanfaat. Posted by : walatragamatemaskapsul.com
adsense 336x280

1 Response to "10 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan dan Kecantikan"